~*~KALiMAH TauhiD~*~

~**~TiADA TUHAN KECUALi ALLAH, MUHAMMAD RASULULLAH pd SETiAP KERLiPAN & PD SETiAP NAFAS Sbyk LuasNYA APA YG ADA pd iLMU ALLAH ~**~
~*~SOLATLah KiTa, Sebelum kiTa diSOLATkan~*~
~*~PLS OPEN this WEB with MOZILLA FIREFOX or INTERNET EXPLORER...for BEST Results, Tq(^^,)V

AL_QURAN Video+ TerJemahan

~*~*~*~

HADIS ~ PESANAN RASUL KITA, UTK UMATNYA TERSAYANG!!!

~*~*~*~*~*~*~*~*~*[PerHaTiKan MuTiARA KATANYA]
~~*~~[PerHaTiKan MuTiARA KATANYA]
~~**~~[PerHaTiKan MuTiARA KATANYA]
~~***~~[PerHaTiKan MuTiARA KATANYA]
~*~*~*~* ~*~ ~*~
PESAN Rasululah S.A.W
“Sesungguhnya PALING diRASA BERAT oleh seOrg MUNAFIK, ADALAH melaksanakan SOLAT ISYA' dan SOLAT SUBUH. Sekiranya mereka tahu akan ke AGUNGAN PAHALAnya, NISCAYA mereka mendatanginya (ke MASJID, SOLAT berJEMAAH) sekalipun dlm keadaan MERANGKAK2
(HR Bukhari Muslim)

~*~ “Sesungguhnya ALLAH akan mgumpulkan Org2 MUNAFIK dan 0rg2 KAFIR di dlm JAHANNAM
(An Nisa:140).

SOLAT BERJEMAAH LEBIH TINGGI 27 DERAJAT DIBANDING SOLAT SENDIRI“
(HR Bukhari – Muslim)

~*~ Download Audio Kuliah
***
~***~أَفَلَا يَتَدَبَّرُونَ الْقُرْآنَ أَمْ عَلَى قُلُوبٍ أَقْفَالُهَا (Setelah diterangkan) APAKAH mereka[KAMU] SENGAJA tidak berUSAHA MEMAHAMI serta meMIKIRkan isi Al-QURAN? ATAU HATI mereka TERKUNCI RAPAT (yg mghalangnya drpda MENERIMA AJARAN Al-QURAN)? (QS Muhamad: 24) ~*~*~***~

Friday, November 4, 2011

Haji ~ Hikmah dan pantang-larangnya, kesalahan yg selalu dilupakan/terlupa...

Awas! Larangan Haji Tersulit dan Yang Paling Banyak Dilanggar..!

Calon haji harus tahu betul seluruh daftar larangan haji. Inilah pentingnya mengikuti bimbingan manasik haji sebelum pergi haji sebagai upaya menuju haji mabrur. Ya, tentu saja bukan hanya larangan haji yang perlu diketahui, tapi seluruh tentang haji yang meliputi tata cara, dan hal-hal yang termasuk rukun, wajib dan sunnah haji.
Rukun Haji
Rukun haji adalah rangkaian amalan yang harus dilakukan dalam ibadah haji dan tidak dapat diganti dengan yang lain, walaupun dengan dam. Jika rukun haji tidak dikerjakan, maka hajinya tidak syah. Termasuk rukun haji adalah:
  • Ihram (niat)
  • Wukuf di padang Arafah
  • Tawah ifadah
  • Sa’i
  • Cukur (tahalul)
  • Tertib
Baca tuntas artikel haji ini, temukan cara menyelamatkan nilai haji anda…!

Wajib Haji
Wajib haji adalah rangkaian amalan yang harus dikerjakan dalam ibadah haji. Bila tidak dikerjakan, hajinya tetap syah namun harus membayar dam (denda). Wajib haji tidak boleh sengaja ditinggalkan tanpa ada udzur syar’i. Yang termasuk wajib haji adalah:
  • Ihram (niat berhaji) dari miqat (tempat dan waktu yang ditentukan)
  • Mabit di Musdalifah
  • Mabit di Mina
  • Melontar jumrah ula, wustha dan aqabah
  • Tawaf wada
Sunnah Haji
Sunnah haji adalah rangkaian amalan yang jika ditinggalkan akan menyebabkan KERUGIAN BESAR, walaupun tidak sampai membatalkan haji dan tidak perlu membayar dam. Jumlahnya sangat banyak, mulai dari sunnah-sunnah dalam bepergian, setelah tiba di Mekah, sunnah ketika ihram, ketika tawaf, ketika syai, ketika meninggalkan Mina dan sebagainya.

Larangan Haji
Larangan haji adalah hal-hal yang tidak boleh dilakukan selama ihram untuk haji. Larangan haji ini juga berlaku selama ihram untuk umrah. Dalam buku Bimbingan Manasik Haji yang diterbitkan oleh Departemen Agama RI, disebutkan larangan selama ihram adalah sbb:
  • Memakai wewangian kecuali sudah terpakai di badan sebelum niat ihram
  • Memotong kuku dan mencukur atau mencabut rambut
  • Memburu binatang buruan darat yang liar dan boleh dimakan
  • Membunuh dan menganiaya binatang buruan darat dengan cara apapun, kecuali binatang yang membahayakan
  • Nikah, menikahkan atau meminang wanita
  • Bercumbu atau berhubungan suami istri
  • Berkata kotor, mencaci atau bertengkar
Larangan khusus pria:
  • Memakai pakaian biasa, termasuk celana dalam
  • Memakai sepatu yang menutupi tumit
  • Menutup kepala yang langsung melekat seperti peci atau topi
Larangan khusus wanita:
  • Memakai sarung tangan
  • Menutup muka (memakai masker dsb)
calon haji dan larangan haji
Contoh Pelanggaran Haji

Larangan haji manakah yang banyak dilanggar?
Berdasarkan pengamatan saya, pelanggaran larangan haji yang banyak dijumpai adalah wanita yang menutup mukanya dengan masker! (Larangan ini termuat dalam Bimbingan Manasik Haji, Depag RI 1423H).

Melihat cukup banyaknya pelanggaran terhadap hal ini, saat itu saya langsung memfotokopi daftar larangan haji dari buku terbitan Depag itu, kemudian saya sampaikan dalam rapat kordinasi kloter agar setiap kepala rombongan menekankan kembali kepada anggotanya untuk waspada terhadap larangan haji.

Saya setiap saat membawa fotocopy tersebut, dan saat melihat wanita yang sedang ihram dan bermasker saya datangi (suaminya) dan memberikan fotokopian itu sambil mengingatkan bahwa yang dilakukan istrinya adalah salah satu larangan haji.

Saat bimbingan manasik haji, dari tim kesehatan biasanya menyarankan agar calon jamaah haji membawa masker untuk mencegah penularan penyakit batuk pilek. Itulah sebabnya, hampir setiap calon jamaah haji Indonesia membawa masker. Sayangnya, mereka lupa atau mungkin tidak tahu bahwa bagi wanita, memakai masker dalam keadaan ihram adalah larangan.

Larangan Haji Tersulit dan Paling Banyak Dilanggar Calon Haji
Selain larangan pemakaian masker yang cukup banyak dilanggar, ternyata ada larangan lainnya yang justru lebih banyak dilanggar. Apakah itu?
Jamaah calon haji … simak larangan yang disampaikan oleh Allah ini:
larangan haji
“Mengerjakan haji adalah pada bulan yang ditetapkan, sesiapa yang menetapkan niatnya untuk berhaji, maka janganlah berbuat rafats, fusuq dan jidal” (QS Al Baqarah 197).
Rafats, fusuq dan jidal inilah larangan tersulit dan paling banyak dilanggar calon haji!
Rafats adalah perbuatan atau perkataan yang mengundang syahwat. Baik kepada istri/suami, apalagi terhadap orang lain. Termasuk di dalamnya memandang wanita/pria dengan keinginan (nafsu). Waspadalah, agar selalu jaga pandangan. Bila bertemu macan (manis-cantik) atau mangga (macho-ngganteng), beristighfarlah… jangan sampai dinikmati. Pantangan ini terlihat sepele, tapi jika tidak hati hati … apalagi tidak tahu, maka kemungkinan besar akan dilanggarnya. Berapa banyak orang berihram, tapi tetap asyik nonton TV yang menyuguhkan tayangan artis-artis cantik?
Fusuq atau perbuatan fasiq adalah segela perbuatan maksiat. Termasuk di dalamnya mencaci maki, memberi gelar buruk kepada orang, membicarakan aib orang lain, gosip, membicarakan kejelekan para pejabat, kupas habis aib para koruptor dan sebagainya. Hati-hatilah… ini banyak dilanggar orang ketika berhaji. Berapa banyak orang berihram, tapi tetap bergunjing membicarakan politk dalam negeri yang ujung-ujungnya adalah menjelek-jelekkan para pejabat dan aib orang lain?!
Jidal adalah berbantah-bantahan atau bertengkar. Peluang jidal sangat besar terjadi. Anda banyak bertemu orang dengan isi kepala yang sangat berbeda-beda. Dari daerah yang berbeda, suku yang berbeda, latar belakang berbeda, tingkat pendidikan berbeda, guru yang berbeda bahkan pemahaman yang berbeda. Puluhan perbedaan ini semuanya siap memicu perselisihan… iya, kan?
Itulah mengapa bahwa rafats, fusuq dan jidal adalah larangan yang tersulit, sekaligus banyak dilabrak oleh calon jamaah haji.
Solusi:
calon haji perbanyak di masjid
Perbanyak di Masjid, Hindari Ngerumpi

Agar dapat menjauhi larangan haji, ada beberapa tips yang perlu dilakukan. Larangan yang bersifat fisik semisal tidak memakai wewangian, masker  dll semestinya mudah dihindari. Caranya dengan menghafal daftar larangan haji. Minimalnya bacalah berulang-ulang agar lebih melekat/hafal. Untuk menghindar dari  rafats, fusuq dan jidal sebaiknya selama ihram perbanyaklah tinggal di masjid untuk dzikir, baca quran, menghafal doa atau ayat, membaca buku-buku agama dll. Hindari ngerumpi (kumpul-kumpul). Jika terpaksa harus berkumpul untuk rapat kordinasi misalnya, ingatkan pada para hadirin agar tidak membicarakan hal di luar tema.

Pelanggaran terhadap larangan rafats-fusuq-jidal memang tidak sampai membatalkan haji, bahkan anda tidak perlu membayar dam. Tapi pahala hajinya gugur! Jika hal ini terjadi, maka Rp 30 juta yang anda keluarkan untuk naik haji menjadi sia-sia. Anda seperti kena copet Rp 30 juta… maka hati-hatilah jangan sampai terjadi pada diri kita.
*****
Article searching term: Ceramah, cerita dan artikel tentang tata cara / cara cara menjadi haji mabrur. Daftar asrama calon jemaah dari biro perjalanan umrah travel & tour. Informasi jadwal ibadah haji jamaah Indonesia dan info kuota (quota). Makalah tentang arti (pengertian) dan definisi haji mabrur dan sejarah. Pendaftaran manasik plus dalil ayat mengerjakan haji. Program tabungan ongkos pergi / biaya naik haji. Berita foto gambar undangan pak depkes dan audio rumah sakit haji. Rukun wajib sunnah sunah larangan dan doa doa haji saat wuquf padang arafah. Larangan haji tersulit dan paling banyak dilanggar calon haji
Mohon share artikel ini kepada sahabat yang ingin menunaikan ibadah haji.

Petikkan~ http://www.akhmadtefur.com/tentang-haji/awas-larangan-haji-tersulit-dan-paling-banyak-dilanggar/#more-1660

Gladiresik di Arafah Menuju Haji Mabrur

Artikel Haji | Tentang haji > Bahan Ceramah Haji
.
Tidak ada balasan untuk haji mabrur kecuali surga (HR Muslim)
Ayat Haji, Kewajiban Mengerjakan Haji
Mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu bagi orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah . Barangsiapa mengingkari , maka sesungguhnya Allah Maha Kaya  dari semesta alam” (QS Ali Imran : 97)
Haji adalah wajib, punya mobil tidak wajib!
Jadi, haji dulu atau beli mobil dulu? :)
Sahabat, renungkan firman Allah di atas dan sabda Rasulullah di bawah ini:

“Sesiapa yang memiliki bekal[kewangan] dan kendaraan untuk membawanya ke Baitullah tetapi belum juga pergi haji, maka tidak berat atas orang itu bahwa matinya dia (dihukumi) sebagai orang Yahudi atau orang Nasrani.  Demikian itu sesungguhnya Allah berfirman di dalam kitab-Nya (Al-quran) “Dan Allah telah mewajibkan kepada manusia yang mampu di jalannya untuk pergi haji di Baitullah.” ( HR Tirmidzi).
Nah, bagi yang sudah punya mobil tapi belum haji, waspadalah! Sebab jika anda tidak SEGERA menunaikan ibadah haji padahal anda mampu, kematian anda dapat digolongkan sebagai Yahudi atau Nasrani sesuai sabda Nabi di atas.
Solusi : Jual mobil anda, tunaikan dulu kewajiban anda!
Yakinlah bahwa maksud ayat & hadits di atas adalah untuk kebaikan kita.

Dua hal penting untuk menggapai haji mabrur:
1. Persiapan Ilmu, Mental & Fisik
Siap Ilmu Tentang Haji
Ilmu terpenting yang harus dimiliki adalah tentang tata cara haji yang benar termasuk pengetahuan tentang rukun haji, wajib haji, sunnah haji dan larangan haji. Ilmu ini mutlak wajib dimiliki agar haji yang kita kerjakan syah (tidak batal) dan lebih sempurna. Selanjutnya, perlu juga ilmu tentang fadilah amalan yang dikerjakan selama beribadah haji agar haji lebih bermakna. Juga dapat memberikan motivasi dan energi untuk kita.
Tips : Ikuti manasik haji dengan sebaik-baiknya. Baca buku-buku dan artikel tentang haji, dll.
Siap Mental : Sabar, dan belajar mencintai masjid
Sabar dalam menghadapi segala situasi. Banyak tantangan yang benar-benar memerlukan kesabaran, misalnya: cuaca yang tidak bersahabat, antrian panjang, masalah dengan teman sekamar, fasilitas, pelayanan dll. Termasuk sabar untuk selalu menghadiri Solat Berjamaah 5 waktu di masjid, dan dapat berlama-lama di masjid. Sebab kedua masjid yang kita kunjungi adalah masjid-masjid yang paling luar biasa.
“Solat di masjidku (Nabawi) lebih utama daripada 1000 solat selain di masjidku kecuali solat di Masjidil Haram. Solat di Masjidil Haram lebih utama daripada 100,000 solat selain di Masjidil Haram” (HR Ibnu Majah).
Siap Fisik : Haji adalah ibadah fisik
Thawaf, syai, wuquf, lempar jumrah diperlukan kekuatan fisik yang baik. Latihan fisik dan bawa perlengkapan obat dan suplemen kesehatan sangat diperlukan.
2. Penghayatan
Haji adalah dzikrul maut, simulasi menuju hari berbangkit

Ihram :  Memakai kain kafan
Saat memakai kain ihram, adalah saat yang baik untuk bertafakur bahwa semua orang pasti akan mati. Menuju kubur hanya berbalut kafan putih, seperti yang kita pakai saat ihram itu.
Pantangan paling penting selama ihram: Tidak berbuat rafats (yang membangkitkan birahi), tidak berbuat fasik (termasuk bicara buruk) dan tidak berbantah-bantahan (walaa rafatsa wala futsuqa walaa jidaala). Ini adalah pantangan non fisik yang paling susah dihindari. Berhati-hatilah!
Tips : Selama ihram, perbanyaklah itikaf di masjid. Carilah tempat yang orang-orangnya tidak anda kenal. Berbicaralah dengan orang seperlunya saja. Ini untuk menghindari bicara buruk dan berbantah-bantahan.
Pantangan fisiknya sangat mudah untuk dijauhi. Salah satu contohnya adalah tidak memakai wangi-wangian… sangat mudah dihindari, bukan? Kuncinya: hafalkan semua pantangan-pantangan fisik agar melekat di otak kita.
“Barangsiapa yang pergi haji karena Allah dan tidak melanggar (larangan ketika memakai pakaian ihrom) maka ia kembali sebagaimana ketika dia dilahirkan ibunya” (HR Bukhari).
Wuquf di padang Arofah : Gladiresik berkumpul di padang Mahsyar
Setelah mati, kelak akan dibangkitkan kembali dan berkumpul di padang Mahsyar.
Wuquf di Arafah, adalah sebuah gladiresik sebelum kita benar-benar dibangkitkan dan dikumpulkan di padang Mahsyar untuk menanti keputusan.
Mereka berkata: “Celakalah kami! Siapakah yang membangkitkan kami dari tempat-tidur kami (kubur)?. Inilah yang dijanjikan (Tuhan) yang Maha Pemurah dan benarlah rasul-rasulNya (QS Yaasin:52)”
Hikmah wuquf : Agar adanya hari kebangkitan lebih terasa.
Selama wuquf lakukan beberapa penyesalan, dan berrniatlah untuk memperbaiki diri, misalnya:
  • Ya Allah, mengapa aku selama ini tidak belajar shalat dengan benar
  • Ya Allah, mengapa aku selama ini malas shalat berjamaah di masjid
  • Ya Allah, mengapa aku selama ini tidak berusaha untuk shalat khusyu
  • dan beberapa penyesalan atas kelalaian dan kemalasan lainnya
  • Juga penyesalan-penyesalan atas dosa-dosa yang selama ini kita lakukan
Inilah fakta penyesalan yang pasti terjadi di hari berbangkit:
Dan jika sekiranya kamu melihat mereka ketika orang-orang yang berdosa itu menundukkan kepalanya di hadapan Tuhannya:  “Ya Tuhan kami, kami telah melihat dan mendengar, maka kembalikanlah kami (ke dunia), kami akan mengerjakan amal saleh, sesungguhnya kami adalah orang-orang yang yakin.” (QS AS Sajdah:12)
Dalam ayat tersebut, mereka (mungkin termasuk kita?) yang menyesal di hari berbangkit  minta dikembalikan ke dunia. Tapi Allah TIDAK memberikan kesempatan kedua!
Jamaah Haji Wuquf di Padang Arafah Nah, bayangkanlah saat kita wuquf adalah padang Mahsyar yang sesungguhnya… Anggaplah kita sedang benar-benar menghadapi hari kebangkitan. Hadirkan rasa takut dan gentar seolah-olah sedang menghadapi hari perhitungan. Menyesallah se dalam-dalamnya di sana… temukan poin-poin yang ingin kita perbaiki. Istighfar, menangislah sekeras-kerasnya… dan mintalah kepada Allah untuk diberi kesempatan memperbaiki diri.
Kemudian bersyukurlah…. jika setelah wuquf kita masih hidup, dan bisa kembali ke tanah air. Anggaplah ini sebagai kesempatan kedua…
Perbaikilah amal kita, untuk menghadapi Mahsyar yang sebenarnya.
Semoga gladiresik menghadapi hari berbangkit saat wuquf di Arafah dapat membawa kita sebagai haji mabrur. Inilah rahasia di balik sabda Nabi “Al Hajju Arofah“, haji adalah Arofah…

Mohon dishare kepada sahabat-sahabat anda yang belum menunaikan kewajiban ibadah haji.
Petikkan~ http://www.akhmadtefur.com/tentang-haji/gladiresik-di-arafah-menuju-haji-mabrur/

~*~Video Ceramah Persiapan Haji & Umrah~*~

Program Haji Mabrur dengan Manajemen Waktu

Program haji mabrur dengan manajemen waktuIkhtiar penting bagi calon haji adalah melaksanakan Program Haji Mabrur dengan Manajemen Waktu. Ini adalah program atau rencana kegiatan selama menunaikan ibadah haji di tanah suci.  Mengapa program haji ini dianggap penting? Tentu saja agar hasilnya jauh lebih baik.
Sesuatu yang dilaksanakan tanpa rencana sering kali hasilnya amburadul. Coba bayangkan jika perusahaan anda tiba-tiba tahun ini tidak membuat rencana. Semua karyawannya juga tidak diwajibkan membuat rencana. Masing-masing bekerja tanpa memiliki patokan, tujuan dan jadwal yang jelas. Anda bisa bayangkan betapa kacaunya situasi perusahaan anda.
Lalu, anda pun akan manggut-manggut menyadari sepenuhnya bahwa rencana itu luar biasa penting…
Nah, jika anda setuju dengan pentingnya sebuah rencana, apakah anda selaku calon haji (tahun ini atau 10 tahun lagi, yang pertama atau yang ke-10) sudah memiliki rencana TERTULIS kegiatan haji di tanah suci? Apa saja, kapan dan target yang akan anda capai selama menunaikan ibadah haji?
Jika jawaban anda: “saya belum punya rencana” maka berbahagialah……, karena anda tinggal copy-paste contoh rencana kegiatan haji di bawah ini dan memodifikasinya sesuai kebutuhan anda.
Program haji mabrur dengan manajemen waktu, menitikberatkan pada pemanfaatan sebagian besar waktu (lebih dari 12 jam) untuk beraktivitas di masjid. Sesi pertama kurang lebih 3 jam, mulai sepertiga malam terakhir (waktu istimewa) sampai shalat Shubuh berjamaah. Sesi kedua sekitar 10 jam, mulai dari sebelum waktu Dhuhur sampai shalat berjamaah Isya.
Keuntungan manajemen waktu haji ini adalah:
  • Dapat melaksanakan shalat berjamaah 5 waktu, dengan tidak tertinggal takbir pertama
  • Dengan lebih banyak waktu di masjid, larangan haji tersulit (rafats, fusuq dan jidal) lebih mudah dihindari. Larangan tersebut biasanya secara tidak sadar akan dilakukan oleh orang-orang yang ngerumpi (kumpul – ngobrol) di pemondokan.
  • Hasil yang diperoleh bisa maksimal. Selain banyak melakukan ibadah mahdhoh, anda juga mendapatkan beberapa hafalan, hasil karya dan segudang ilmu yang bermanfaat
  • Puncaknya, semoga Allah menjadikan haji mabrur untuk kita semua.
Program haji mabrur dengan manajemen waktu:
03:00 – 03:15  (15”) Bangun pagi, cuci muka, sikat gigi, ganti baju
03:15 – 06:00  (2:45”) Ke masjid, itikaf s.d. shalat Shubuh berjamaah
06:00 – 06:20  (20”) Pulang ke pemondokan
06:20 – 09:00  (2:40”) Mandi, sarapan pagi, cuci baju dan keperluan lainnya
09:00 – 10:00  (60”) Istirahat (tidur 1 jam)
10:00 – 10:30  (30”) Makan siang
10:30 – 10:50  (20”) Silaturahim dan koordinasi regu/rombongan
10:50 – 20:30  (9:40”) Ke masjid, itikaf hingga shalat berjamaah Isya
20:30 – 21:30  (60”) Pulang ke pemondokan/Hotel, mandi dan makan malam
21:30 – 03:00  (5:30”) Istirahat/tidur. Total waktu tidur : 6 jam 30 menit
Aktivitas yang dilakukan selama itikaf di masjid dapat berupa:
  • Shalat fardhu berjamaah di masjid. Target: full sehari 5 waktu
  • Thawaf sunnah (dilakukan ketika pertama kali sampai di masjid, sebelum shalat apapun). Target: minimal 2 kali sehari
  • Shalat-shalat sunnah (shalat malam, shalat Dhuha, shalat rawatib dll).  Target: semua shalat-shalat sunnah dilakukan pada waktunya
  • Dzikir dan berdoa untuk diri sendiri, keluarga, negara dan seluruh kaum muslimin
  • Membaca Al Quran dan tafsirnya. Target: 30 juz selama di tanah suci
  • Membaca hadits dan buku-buku agama. Target: menamatkan minimal 6 buku
  • Mendengarkan tausiyah
  • Mengunjungi tempat-tempat mustajab
  • Memandang ka’bah
  • Minum air zam-zam
  • Menulis artikel Islami, atau karya tulis lainnya. Target: minimal 5 artikel pendek
  • Menghafal Quran atau sebagian ayat. Target: minimal  10 surat pendek
  • Menghafal doa-doa harian dan doa lainnya. Target: minimal hafal 10 doa harian
  • Jangan lupa untuk saling memberikan pertolongan kepada sesama, saling menghormati dan menjaga perasaan dan ibadah sosial lainnya.
Sudah melakukan pendaftaran haji? Jika belum, bersegeralah! Minimal buka tabungan haji terlebih dahulu. Biaya haji dan kuota haji Indonesia tidak berubah signifikan dibanding beberapa tahun lalu. Perubahan yang sangat signifikan adalah masa tunggunya. Jadwal haji anda bisa lima tahun dari anda melakukan pendaftaran haji. So… lakukan pendaftaran haji segera, dan laksanakan program haji mabrur dengan manajemen waktu…Jgn gunakan Kabel sbb ianya mengambil Hak Org lain, jadi bagaimana nak mendapat haji Mabrur, jika Anda mengambil Hak Org lain..?
WallhHu'Alam.
Petikkan~ http://www.akhmadtefur.com/tentang-haji/program-haji-mabrur-dengan-manajemen-waktu/

. .
~***~LadingEMAS~***~

No comments:

~*~*~*~ Related Posts Plugin for WordPress, Blogger... ~*~*~